4 BADAN USAHA MILIK DESA RENSING BAT

Badan usaha milik desa ( BUMDES ) adalah usaha milik Desa yang di bentuk oleh Pemerintah Desa dalam hal ini Kepala desa bersama Lembaga lembaga desa dan masyarakat desa dengan berpedoman kepada Peraturan menteri desa,Pembangunan daerah tertinggal, dan transmigrasi Republik indonesia Nomor 4 tahun 2015 tentang Pendirian, pengurusan dan pengelolaan, dan pembubaran Badan usaha milik desa.

Pendirian BUMDes dimaksudkan sebagai upaya menampung seluruh kegiatan di bidang ekonomi dan/atau pelayanan umum yang dikelola oleh Desa dan/atau kerja sama antar-Desa.

Tujuan di bentuknya BUMDes adalah :

  1. meningkatkan perekonomian Desa;
  2. mengoptimalkan aset Desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan Desa;
  3. meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Desa;
  4. mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga;
  5. menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga;
  6. membuka lapangan kerja;
  7. meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa; dan
  8. meningkatkan pendapatan masyarakat Desa dan Pendapatan Asli Desa.

Di Desa Rensing Bat BUMDes di beri nama BUMDES RENSING BAT di bentuk pada tahun 2016 lewat musyawarah Desa yang di hadiri oleh Kepala Desa Rensing Bat,Anggota BPD,Anggota LKMD,Karang Taruna,PKK,Kadus se Desa Rensing Bat,Ketua ketua RT Se Desa Rensing Bat dan Tokoh Agama Dan Masyarakat Desa Rensing Bat.

Badan usaha Milik Desa Rensing Bat mengelola Empat macan unit Usaha yaitu:

  1. Unit Usaha Simpan Pinjam (SPP),
  2. Unit usaha Pengelolaan Air bersih atau PAM Air bersih,
  3. Ternak ayam pedaging
  4. Lumbung Pangan/padi.

pada tahun 2016 pemerintah desa rensing bat mengelontorkan dana untuk BUMDES Rensing Bat sebesar 100 juta sebagai modal awal pengelolaan.pada tahun yang sama BUMDES langsung memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan memakai dana yang di berikan pemerintah Desa untuk unit usaha simpan pinjam kepada pengusaha kecil modal dengan membentuk kelompok usaha dan memberikan pinjaman satu kelompok sebanyak 10.000 juta Rupiah.

Unit usaha air bersih atau PAM Desa alhamdulillah sudah berjalan dan sudah mulai di salurkan kemasyarakat,pada tahun 2016 sebanyak 63 orang warga sudah memakai PAM air bersih ini di rumahnya.

Unit usaha ayam pedaging sudah berjalan dan sebelumnya usaha ini di pegang pemerintah desa dan di serahkan ke BUMdes oleh pemerintah desa rensing bat pada pertengahan tahun 2016 lalu.

Unit usaha lumbung padi masih belum berjalan disebabkan belum panennya masyarakat desa sehingga keberlangsungan pengelolaannya belum bisa dilakukan.

harapan pemerintah desa dan masyarakat Desa Rensing Bat.Mudah mudahan dengan adanya BUMDes ini Desa Rensing Bat kedepan menjadi Desa mandiri tanpa harus bergantung dari orang lain

Berita Terkait BUMDes Rensing Bat

Melihat Potensi Desa Rensing Bat

RENSING BAT_Kehidupan pedesaan di Indonesia masih tetap identik dengan suasana nyaman, indah, damai serta penuh dengan kebersamaan diantara penduduknya. Desa dijadikan simbol tradisi ke-Indonesiaan yang melekat turun-temurun. Namun Desa yang banyak tersebar di seluruh...

BUMDes Rensing Bat terima bantuan meter air

RENSING BAT - Air merupakan unsur yang penting dalam kehidupan. Di tengah kebutuhan air bersih, masih banyak tempat-tempat atau masyarakat di Indonesia yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal seperti ini terjadi di Desa Rensing Bat...

Pin It on Pinterest

Share This