BUMDes Rensing Bat terima bantuan meter air

oleh | Feb 5, 2018 | Berita Desa, bumdes | 0 Komentar

RENSING BAT – Air merupakan unsur yang penting dalam kehidupan. Di tengah kebutuhan air bersih, masih banyak tempat-tempat atau masyarakat di Indonesia yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal seperti ini terjadi di Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur ketika masuk musim kemarau.

Melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur pada tahun 2015memberikan bantuan berupa sumur bor beserta fasilitas pendukungnya, Bantuan ini juga dalam rangka mendukung STBM 5 Pilar yang sedang di canangkan pemerintah Desa Rensing Bat bersama Dinas Kesehatan Kab.Lombok Timur. Bantuan ini merupakan program yang diberikan untuk mensejahterakan masyarakat.

Dengan adanya bantuan ini Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur telah mewujudkan Desa Rensing Bat yang awalnya kering kerontang di setiap musim kemarau kini menjadi desa bebas kering dari air bersih. Kini kurang lebih 400 Kepala keluarga yang dulunya sering mengeluh dengan kekurangan air sudah dapat menikmati air dari sumur bor bantuan Dinas Kesehatan Lombok Timur Tersebut.

Untuk kelancaran dan tertibnya pengaturan penyaluran air bersih ini kepada masyarakat,Pemerintah Desa Rensing Bat menyerahkan sepenuhnya pengelolaannya kepada BUMDes Rensing Bat pada Tahun 2016 lalu. Baru baru ini BUMDes Rensing Bat telah menambah ketinggian tower,Upaya ini dilakukan pengurus Bumdes agar bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan air bersih ini bisa dinikmati oleh semua masyarakat.

Sebelumnya bak air bersih dari sumur bor yang sudah ada hanya berukuran 2 x 2 meter persegi dengan tinggi tiang 6 meter dari pondasi dan sekarang ini di tinggikan lagi dengan ukuran 2×2 meter persegi sehingga debit air yang ditampung bisa lebih banyak dan bisa mengalir ke semua wilayah RT di 3 dusun se desa rensing bat.

Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lombok Timur pada hari jum’at Tanggal 5 Mei 2017 telah memberikan bantuan meter air 54 unit,pipa 2setengah inci 96 buah,pipa 1 setengah inci 18 buah,stock kran 54 buah dan lem 1kg untuk menunjang kebutuhan penyaluran air bersih kepada warga yang belum memiliki meter .bantuan ini merupakan tindak lanjut dari proposal yang di kirim pemerintah desa kepada Dinas pekerjaan umum kab.Lombok Timur tahun 2015 lalu.Bumdes sebelum ini telah memasang 30 unit meter air bantuan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lombok Timur kepada 30 kepala keluarga tahun 2016 lalu.

Air bersih adalah sebuah kemerdekaan, kemerdekaan yang bermanifestasi sebagai kesehatan yang lebih baik, produktivitas yang meningkat, resolusi konflik, dan standar kehidupan yang lebih baik bagi seluruh anggota masyarakat._a_hm

[jetpack-related-posts]