www.sid.rensingbat.desa.id _Pemerintah Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur hari ini Jum’at, 22/05/2020 kembali menggelar Penyemprotan Disinfektan di sejumlah tempat seperti, Masjid, Mushalla, Tempat Umum dan Pemukiman warga.

Penyemprotan ini dimaksudkan untuk Memutus mata rantai Penyebaran virus Corona yang semakin mengganas masuk ke Wilayah Desa Rensing Bat. Penyemprotan ini adalah yang ke 8 kalinya dilakukan oleh Tim Relawan Covid-19 Desa Rensing Bat.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi, SE selaku Kordinator Relawan Desa, Polmas Lino Adrika, Ketua BPD Abu Bakar, SS dan Mahasiswa KKN mandiri dari Universitas Mataram asal Desa Rensing Bat, Zaki Amrullah yang ikut membantu.

Kegiatan hari Jum’at tersebut juga dibarangi dengan Pembagian Masker secara gratis kepada Masyarakat oleh tim Relawan covid-19 dan Rapid Tes berbasis masjid menjelang pelaksanaan Shalat Jum’at oleh Tim Satgas Covid-19 Puskesmas Rensing yang bekerjasama dengan Relawan Desa sesuai arahan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur.

Pelaksanaan Shalat Jum’at sendiri di tengah pandemi corona di wilayah Kabupaten Lombok Timur sesuai dengan surat edaran Majelis ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lombok Timur berdasarkan hasil musyawarah dan kajian dengan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lombok Timur bahwa, Di Lombok Timur tidak Memiliki Peningkatan kasus yang Signifikan dan munculnya harapan besar untuk berkurangnya kasus baru karena banyaknya yang sudah sembuh.

Di Desa Rensing Bat sendiri sejauh ini belum ada kasus yang terjangkit dengan covid-19 sehingga sangat memungkinkan untuk melakukan uji coba pelaksanaan shalat Jum’at dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah.

Dalam pelaksanaan rapid tes suhu tubuh berbasis masjid menjelang pelaksanaan shalat  jum’at di masjid Jami’ Nurul Islam Desa Rensing Bat yang dilakukan oleh tim satgas puskesmas Rensing dan relawan desa, hasilnya tidak ada yang mengarah kepada Covid-19 karena rata-rata hasil tes menunjukkan suhu tubunya di bawah 37 derajat walaupun ada jama’ah yang mencapai 37,7 derajat namun setelah dilakukan pemeriksaan lebih rinci di puskesmas hasil akhirnya menjadi normal.

Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi, SE berharap kedepan setelah pelaksanaan rapid tes suhu tubuh ini tidak ada masyarakat yang terjangkit dengan virus corona dan semoga corona ini tidak masuk ke desa Rensing Bat yang tentunya dibarangi dengan kesadaran masyarakat untuk mematuhi segala himbuan dan melaksanakan protocol kesehatan seperti yang di arahkan pemerintah dan juga selalu menjaga kesehatan, Harap Kades Hilmi singkat.

Pelaksanaan shalat jum’at kali ini adalah yang pertama di bulan suci Ramadhan setelah kurang lebih 2 bulan lalu pemerintah provinsi dan Kabupaten mengeluarkan himbauan tentang pelaksanaan shalat jum’at di gantikan dengan shalat zuhur di rumah untuk memutus mata rantai covid-19 menyebar lebih luas.

Semoga kita terhindar dari ganasnya corona ini, Amin Ya Robbal Alamin.