www.sid.rensingbat.desa.id _Berbagai langkah dilakukan pemerintah untuk melindungi warganya dari Covid-19. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur pada  hari Selasa, 28/04/2020. Selain penyemprotan disinfektan, menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menyediakan tempat cuci tangan, Pemerintah desa Rensing Bat  juga membagikan masker gratis untuk warga.

Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi, SE yang bertempat di Posko Penanggulangan covid-19 sebelum aksi pembagian masker mengungkapkan bahwa, Pembagian 2 ribu masker ini dilakukan secara langsung dari rumah kerumah kepada warga. Tak hanya membagikan masker saja, pihaknya bersama bidan desa, BPD, perangkat desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga melakukan sosialisasi terkait Covid-19, dan menghimbau kepada warga untuk selalu menggunakan masker saat beraktifitas di luar rumah.

“Setiap kepala keluarga kita bagikan masker sesuai jumlah anggota keluarganya, kita juga lakukan sosialisasi terkait dengan covid-19, serta menghimbau masyarakat untuk tidak berpergian ke luar daerah atau luar negeri dahulu, kecuali kalau benar-benar penting, dengan catatan melapor ke pemerintah setempat dan melaporkan setiap ada warga yang pulang dari luar negeri dan daerah, Kasian pada ibu bidan jika nantinya ada yang terpapar” ungkapnya.

Kades juga menjelaskan, memerangi wabah covid-19 ini merupakan tanggungjawab kita bersama, tidak hanya petugas kesehatan saja. Ia berharap dengan adanya beberapa langkah yang sudah dilakukan Pemerintah Desa Rensing Bat ini bisa ikut mencegah penyebaran covid-19 di negara kita.

“Kami sudah menyediakan tempat cuci tangan dan sabun di beberapa titik, seperti gang-gang, Masjid, Mushola, dan beberapa tempat umum lainnya yang ada di desa Rensing Bat, semoga covid-19 ini tidak masuk ke desa kita,” jelas kades di depan relawan sebelum aksi pembagian masker pada Selasa, 28/4/2020.

Sementara itu Khairil Azmi, Salah seorang warga Dusun Tembok Gading mengucapkan terima kasih telah dibagikan masker secara gratis oleh Pemerintah Desa, tak hanya itu ia juga menjadi tahu akan covid-19 karena adanya sosialisasi dan akan lebih berhati-hati setelah ini.

Sejak pagi tadi Pemerintah Desa bersama Relawan Covid-19 berkeliling ke rumah-rumah warga untuk membagikan masker dan sosialisasi terkait dengan covid-19, terimakasih kepada Pemerintah Desa yang telah peduli kepada warga, Tambah salah seorang warga yang tak ingin disebut namanya.