www.rensingbat.desa.id – Hamparan hijau terlihat membentang dari timur ke barat dan dari utara ke selatan, sawah padi pertanian masyarakat petani Desa Rensing Bat, Padi yang sebagian besar di tanam pada awal Janauari ini sekarang tumbuh subur menghijau menghiasi sawah sawah luas ratusan hektar.

Dusun Lepok berada di paling utara desa rensing bat, Dusun ini menjadi dusun pertama yang lebih awal menanam padi di musim penghujan tahun ini, sawah para petani mulai terlihat hujau sejak pertengahan desember 2018 lalu. Sebagian besar umur padi mereka di dusun ini antara 1,5 bulan sampai dengan 2 bulan, suatu pengharapan baru bagi masyarakat petani untuk segera menikmati hasil dari jerih payah mereka setelah nantinya genap 3 bulan untuk siap di panen.

Lain halnya dua dusun di sebelah selatan dusun lepok yakni, Dusun Rensing Bat dan Dusun Timuk Rurung, sawah padi para petani baru saja mulai menghijau sejak masuk akhir januari 2019 lalu, ada sebab di dua dusun ini yang membuat sawah-sawah pertanian lambat di tanami, pasokan air yang tidak maksimal karena harus menunggu jadwal penyaluran air dari dam pandan duri yang hanya membutuhkan waktu 1 hari hingga 2 hari dalam sekali jadwal sehingga areal pertanian yang ratusan hektar secara otomatis tidak bisa di airi sepenuhnya dan harus menunggu jadwal berikutnya.

Hamparan hijau sawah padi itu kini merata di semua dusun, hanya terlihat satu dua petani coba mempertahankan untuk tetap menanam selain padi yaitu, Cabe, tomat dan bawang merah. melihat komuditas pertanian pada tanaman tersebut yang terlihat masih belum normal di pasaran, membuat para petani cabe coba menghentikan pembudidayaannya.harga yang anjlok membuat petani cabe dan tomat merugi, lebih –lebih di musim hujan yang buahnya akan banyak rusak akibat cuaca yang tidak menentu.

Kini petani tinggal menunggu waktu untuk hari bahagia di mana penghidupan baru untuk memetik hasil dari jerih payah setelah penanaman tiga bulan lalu, Panen padi menjadikan satu kebahagian yang yang selalu di tunggu dan di nanti semua petani, hari bahagia rasa nasi baru mewangi menusuk kalbu terasa indah tersenyum bahagia yang tak terkira. Insyalloh tahun ini kita semua bahagia.