www.rensingbat.desa.id – Tahun 2019 menjadi tahun politik kedua setelah pemilihan kepala daerah serentak 2018 lalu, Tahun 2019 ini Indonesia kembali menjalankan pemilihan presiden dan pemilihan legislatif sekaligus. Di desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur, Jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di pastikan bertambah dari pemilihan kepala daerah tahun lalu.

Bertambahnya jumlah TPS yang pada Pilkada tahun 2018 lalu berjumlah 3 TPS, kini ada penambahan 2 TPS  pada Pilpres dan Pileq 2019 ini di karenakan beberapa hal di antaranya, pada pilkada 2018 dalam satu TPS menampung 300 lebih pemilih, namun saat pileq dan pilpres tahun ini di masing-masing TPS hanya mampu menampung sekitar 200 pemilih. Peraturan yang membolehkan penambahan TPS ini berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) nomor 11 tahun 2018 tentang Penyusunan daftar pemilih di dalam negeri.

Selain itu bertambahnya jumlah TPS pada pemilu tahun ini dikarenakan masyarakat akan menggunakan hak pilihnya dalam 5 kertas suara sekaligus, Meliputi pemilihan Presiden, Pileq Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten, Pileq (DPR) Dewan Perwakilan Rakyat Provinsi, Pileq (DPR RI) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Adapun lokasi TPS sesuai keputusan bersama antara pemerintah dusun di Masing masing Dusun dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Rensing Bat adalah, TPS 1 berlokasi di depan rumah Supriadi Gubuk Masjid Dusun Rensing Bat, TPS 2 berlokasi di halaman rumah Nasrullah Lepok Dusun Lepok, TPS 3 berlokasi di halaman Rumah H. Nuruddin Paok Gading Dusun Timuk Rurung, TPS 4 berlokasi di halaman rumah Hamdan Hamim Tibu Jae Dusun Lepok dan TPS 5 berlokasi di halaman rumah Dedi Hasri Rahman Gubuk Tengak Dusun Rensing Bat.

Maksud di letakkannya TPS pada masing-masing lokasi seperti yang di sebutkan di atas adalah untuk kemudahan para pemilih dan dapat di jangkau dari tempat tinggalnya masing-masing, Demikain yang disampaikan Restiawan, S.Pd salah seorang anggota PPS yang di hubungi pemberita sore sabtu, (9/2/2019) kemarin. (a_m)

Sumber poto : PPS Rensing Bat

Pin It on Pinterest

Share This