www.sid.rensingbat.desa.id _Desa Rensing Bat menuju Lomba Kampung Sehat tahun 2020, Kegiatan lomba di maksudkan untuk merangsang desa secara mandiri dalam rangka menggerakkan potensinya di tengah pandemi corona agar angkanya semakin menurun atau lomba ini dimaksudkan sebagai upaya dalam rangka mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona semakin meluas menuju New Normal baru di tengah corona.

Lomba juga bertujuan untuk memastikan desa-desa di Nusa Tenggara Barat tetap sehat dan bersih untuk menuju masyarakat yang bahagia, aman dan damai. Bukan itu saja, yang teramat sensitif yang perlu kita cegah sekarang ini adalah meluasnya penyebaran narkoba, Terutama di wilayah desa Rensing Bat, mengingat Desa Rensing Bat adalah salah satu Desa perbatasan yang bisa saja para penyebar narkoba ini melewati ataupun menggunakan desa ini sebagai destinasi dalam menyusun strategi menyebarkan narkoba di Lombok Timur.

Melihat hal tersebut, Pemerintah desa bersama Babinkamtibmas, Polmas dan Jajaran Kepolisian Wilayah Sakra Barat secara rutin mengantisipasi dengan melakukan Ronda malam tanpa berkelompok, namun lebih kepada rahasia yang tujuannya agar para pelaku bisa cepat teridentifikasi. Pemerintah desa juga memberlakukan jam malam dengan menutup Portal yang sudah ada di setiap pintu masuk mulai pukul 21.00 sampai pukul 05.00 pagi.

Pemerintah desa bersama Babinkamtibmas juga melakukan sosialisasi tentang bahayanya narkoba kepada masyarakat terutama anak-anak muda yang ada di desa, Kegiatan ini juga sebagai bagian dari pencegahan menuju desa sehat yang bebas dari narkoba.

Program Lomba Kampung Sehat yang di gagas Polda NTB bersama Gubernur NTB ini menjadi momen terbaik untuk mengevaluasi kebersihan yang ada di desa, Semua lembaga di ikut sertakan dalam kegiatan ini, Terutama para Kader posyandu yang memang tugasnya melihat keberlangsungan kesehatan masyarakat terutama kesehatan ibu dan anak.