www.sid.rensingbat.desa.id  _Pemerintah Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur serahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Terdampak COVID-19 tahap II ke Masyarakat yang bertempat di Kantor Desa Rensing Bat hari ini Kamis, 04/06/2020.

Penyaluran BLT-DD secara simbolis dilakukan kepala Desa Muhammad Hilmi, SE di hadapan masyarakat penerima kemudian selanjutkan penyerahan dilakukan oleh bendahara desa dan dibantu Tim Relawan COVID-19 Desa Rensing Bat mulai jam 08.30 wita sampai selesai.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua BPD bersama anggota, Pendamping Desa, Babinkamtibmas, Polmas, Lembaga Desa, Peserta KKN Kebencanaan Unram dan 153 Kepala Keluarga penerima manfaat (KPM).

Sebelum acara penyerahan kepada para KPM, Kepala Desa Muhammad Hilmi, SE dalam pidato sambutannya Berharap dengan adanya bantuan ini masyarakat terdampak virus corona terutama masyarakat miskin dan masyarakat yang mata pencahariannya hilang bisa terbantu dari segi materil terutama kebutuhan pangan sehari-harinya. Dalam satu kepala keluarga menerima 600 ribu selama Tiga bulan mulai bulan April, Mei dan Juli, khusus BLT-DD kata kades, kemungkinan akan dilanjutkan sampai bulan Desember dengan nilai berbeda yakni 300.000 per Kepala Keluarga. hari ini adalah penyaluran ke 2 untuk bulan Mei, Jelas Kades Hilmi.

Bantuan-bantuan yang di teima adalah merupakan bentuk bantuan pemerintah kepada masyarakat di tengah mewabahnya virus Corona, semua masyarakat terdampak dan kita sepatutnya bersyukur di desa kita ini boleh di katakan semua kepala keluarga bisa tercaver dengan bantuan walau ada satu dua orang keluarga yang datanya bermasalah masih belum menerima bantuan sejak awal, Tapi kami dari pemerintah desa akan berusaha menyelesaikan dengan segera, terang Kades.

“Data penerima di turunkan dari Kabupaten, Provinsi dan pusat termasuk kuota BLT-DD, Kita di desa hanya mengcroscek kembali apakah data yang terkirim benar-benar milik desa atau KK benar-benar ada di desa atau tidak, Jika benar kami di desa mengirim kembali untuk di pastikan layak menerima bantuan”, jelasnya

Lebih Lanjut Kades menjelaskan, Setelah ini Masyarakat juga akan menerima bantuan sosial tunai (BST) yang bersumber dari Kementerian sosial Republik Indonesia, “Datanya kami sudah terima tinggal kita menyalurkannya kepada masyarakat sesuai jadwal Insyallah Hari Jum’at, 12/6/2020 di Kantor Pos Sakra atau di Kantor desa, Nanti kita konfirmasikan kembali dengan pihak post masalah kepastian tempat” Terang Kades.

Sekarang ini kata kades, hal yang paling penting yang harus kita lakukan adalah bagaimana memutus mata rantai virus Corona ini agar tidak sampai ke Desa kita dengan selalu menjaga kesehatan, Cuci tangan sesering mungkin menggunakan sabun, Jaga jarak, hindari kerumunan, selalu pakai masker bila berada diluar rumah dan laporkan kepada kami jika ada keluarga kita yang baru pulang dari luar daerah dan luar negeri”, Tutup kades.