SID.RENSINGBAT.DESA.ID – Desa Rensing Bat termasuk diantara 3 desa di kecamatan Sakra barat yang diusulkan untuk mengikuti lomba kampung sehat Nurut Tatanan baru terkait penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Lombok Timur dan Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2020.

Keikut sertaan desa Rensing Bat dalam lomba tersebut di kuatkan dengan isi surat yang di kirim Pemerintah kecamatan sakra barat kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Timur prihal Desa peserta Lomba Kampung sehat tahun 2020 tertanggal 23 Juni 2020. Dalam surat tersebut pemerintah kecamatan mengusulkan 3 desa untuk diikut sertakan dalam lomba yakni, Desa Pematung, Rensing Raya dan desa Rensing Bat.

Terkait dengan seperti yang disampaikan di atas, Pemerintah Desa Rensing Bat sejak hari Rabu, (24/06) kemarin sudah mulai mempersiapkan diri dengan mengumpulkan data dan berkas bukti pelaksanaan kegiatan penanggulangan yang pernah dilaksanakan selama masa pandemi covid-19 seperti, dokumen pendukung dan dokumen-dokumen lainnya mengingat banyaknya Indikator yang akan di nilai oleh tim juri.

Kepastian tentang pelaksanaan lomba juga dibuktikan dengan hasil rapat pemerintah kabupaten Lombok Timur seperti yang di langsir dari Laman Web https://portal.lomboktimurkab.go.id tertanggal 24 Juni 2020 yang menyebutkan, Sebanyak 76 Desa yang ada di Lombok Timur dipersiapkan untuk mengikuti Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru yang penilaiannya akan dimulai 1 Juli mendatang.

Hal ini di sampaikan pada sa’at Rapat Evaluasi Pembukaan Destinasi Wisata dan Pelaksanaan Lomba Kampung Sehat yang di hadiri bupati lombok timur, Wakapolres Lombok Timur, Kasdim 1615/ Lombok Timur, Sekretaris Daerah Lombok Timur dan Camat se-Lotim serta Pimpinan OPD terkait yang berlangsung pada hari Rabu, 24/06/2020 yang bertempat di Rupatama I Kantor Bupati Lotim. Lomba Kampung Sehat “Kampung sehat nurut tatanan baru” yang digagas Polda NTB ini dimaksudkan untuk merangsang desa secara mandiri menggerakkan potensinya agar angka kasus covid-19 menurun.

Kampung sehat diharapkan menjadi kultur di masyarakat NTB sehingga tidak ada masyarakat yang tidak dapat makan, aktivitas perekonomian kembali menggeliat disertai dengan pelaksanaan protokol kesehatan, menurunnya angka kejahatan dan berujung pada masyarakat desa yang harmoni.

Desa yang akan mengikuti kegiatan ini sebelumnya akan diberi pembekalan melalui pelatihan oleh Dinas Kesehatan kabupaten Lombok Timur. Pelatihan nantinya berkaitan dengan penanganan Covid-19 di kampung sehat termasuk keberadaan ruang isolasi Covid desa.

Sementara itu, Kepala desa Rensing Bat Muhammad Hilmi, SE sa’at di konfirmasi terkait keikutsertaan desa rensing bat juga membenarkan tentang hal tersebut, Insyallah kita akan siapkan segala sesuatunya sesuai Indikator penilaian sebelum hari H tiba, ungkapnya.

Dikatakannya lagi, Sebelumnya kita juga sudah mengirimkan video kegiatan kaitannya dengan program kesehatan yang sebelumnya pernah kita laksanakan di desa yakni, Pelaksanaan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 5 pilar dan kegiatan rumahan warga yang di liput langsung oleh jajaran Polsek Sakra Barat dan Tim SID Rensing Bat, penyampaian video tersebut dimaksudkan sebagai bukti bahwa, desa rensing bat memang serius dalam hal melaksanakan program kesehatan kepada masyarakat lebih-lebih ketika covid-19 ini sedang mewabah,Tutup kades Hilmi.