www.rensingbat.desa.id – Hari ini Senin, 4/3/2019 Sekitar pukul 09.30 Wita yang bertempat di Kantor Desa Rensing Bat, Masyarakat penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) mendatangi kantor desa untuk menerima kartu yang di maksud.

Penerimaan kartu tersebut dilakukan oleh petugas dari kecamatan Sakra Barat kepada kurang lebih 90 orang yang tergabung dalam 38 kepala keluarga yang langsung di dampingi Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi, SE.

Masyarakat penerima KIS cukup hanya dengan menyerahkan poto copy kartu keluarga tanpa di pungut biaya, ini adalah penyerahan kartu untuk tahap pertama dan selanjutnya menunggu untuk penyerahan di tahap kedua, demikian yang di sampaikan Huswatun Hasanah petugas dari bagian kesra dari pemerintah kecamatan sakra barat saat di temui pemberita di lokasi penyerahan pagi Senin, 4/3.

Kartu Indonesia Sehat sendiri adalah salah satu program Presiden Joko Widodo yang telah direncanakan sejak masa kampanye pada pilpres 2014 lalu yang berfungsi sebagai kartu jaminan kesehatan, yang dapat digunakan untuk mendapatkan layanan kesehatan gratis di fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjutan, sesuai dengan kondisi penyakit yang diderita penerima KIS. KIS merupakan perluasan dari program Jaminan Kesehatan Nasional yang diluncurkan pemerintah sebelumnya, yaitu pada 1 Januari 2014 lalu.

KIS adalah Nama untuk Program Jaminan Kesehatan SJSN (JKN) bagi penduduk Indonesia, khususnya fakir miskin dan tidak mampu serta iurannya dibayarkan oleh pemerintah. BPJS Kesehatan adalah Badan Hukum Publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan SJSN (JKN). Jadi, KIS adalah program sementara BPJS Kesehatan adalah badan yang ditugaskan untuk menjalankan program tersebut.

Pin It on Pinterest

Share This