RENSING BAT_Salah satu upaya mewujudkan berbagai kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat adalah dilaksanakannya berbagai pembangunan di desanya hingga hasil pembangunan tersebut bisa menunjang masyarakat dalam melaksanakan berbagai aktivitas baik usaha pertanian, perdagangan maupun usaha lainnya.
Seperti halnya yang saat ini sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur, untuk mewujudkan berbagai kemajuan desa tersebut saat ini sedang giat melaksanakan berbagai pembangunan.

Muhammad Hilmi, SE selaku Kepala Desa Rensing Bat memaparkan tujuan program pembangunan tersebut adalah untuk mewujudkan kemajuan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang melaksanakan berbagai aktivitas seperti usaha perdagangan, pertanian, maupun aktivitas kerja, karena dengan dibangunnya sarana infrastruktur tersebut berbagai aktivitas yang dilaksanakan mereka akan lebih tepat dan lancar .

“Dengan turunnya bantuan pemerintah pusat yang turun Langsung ke Desa, pihaknya sangat berterima kasih baik kepada pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat. Karena melalui bantuan tersebut, berbagai pembangunan bisa diwujudkan dengan nyata.
Lebih lanjut kepala desa Rensing Bat mengungkapkan, Dana desa yang berasal dari APBD maupun APBN bukan saja diperuntukkan untuk pembangunan Infrastruktur saja melainkan diperuntukkan untuk Pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat Desa Rensing Bat. Dengan terealisasinya semua pembangunan, ia berharap, Desa Rensing Bat semakin maju dan masyarakat bisa sejahtera. Pihaknya juga akan terus meningkatkan pelayanan kepada warga setempat dengan maksimal.Dalam pengerjaan pembangunan fisik maupun non fisik, anggaran yang di gelontorkan oleh pemerintah pusat dan daerah melalui program ADD dan Dana Desa ini di alokasikan sesuai dengan harapan masyarakat. Dengan begitu pembangunan infrastruktur di Desa ini tentunya bisa merata,”terangnya.

Dia menambahkan, untuk kemajuan dan mensejahterakan masyarakat, ia juga sangat berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk pembangunan yang ada di desa ini. Selaku aparatur pemerintahan desa, dalam menjalankan roda pemerintahan akan lebih saya tingkatkan, agar bisa terwujud dan terlaksana membangun desa. Oleh karena itu kesejahteraan dan tarap hidup perekonomian masyarakat bisa meningkat, sehingga terwujudnya desa yang mandiri.”pungkasnya.

“Hal ini kita terapkan agar dalam pembangunan sarana dan prasarana akan cepat terwujud sesuai yang di harapkan pemerintah dan masyarakat. Kedepannya kami harap anggaran yang turun dari pemerintah ditahun 2018 ini terus meningkat, agar percepatan pembangunan di desa kita ini dapat terwujud secara merata,”harapnya.

Kucuran Dana Desa ini sogyanya adalah hak masyarakat desa, dengan mengedepankan pembagunan di desa itu sama artinya membuat desa ini tampak lebih maju dan berdaya saing, tak hanya kondisi jalan, sarana dan prasarana untuk kepentingan masyarakatpun selalu kita dahulukan, sesuai intruksi undang undag dan peraturan tentang pengelolaan Dana Desa”, tutup kades.

Warga mengaku senang dengan apa yang sudah dibangun di desa. Karena memudahkan mereka dalam beraktivitas. Seperti saluran irigasi, yang membantu para petani dalam bekerja di sawah. Sekarang untuk mengairi sawah, kami tidak harus susah-susah membersihkan saluran baru air bisa sampai ke sawah kami,”cerita salah seorang warga Timuk Rurung yang di temui pemberita.

Pembangunan infrastruktur, sarana kesehatan di Desa Rensing Bat, mulai dirasakan manfaatnya oleh warga. Di antaranya, pembangunan SPAL, Polindes, pembangunan rumah layak huni, irigasi pertanian dan jaringan pipa air bersih yang di salurkan ke sarana peribadatan, sekolah dan rumah-rumah warga.

Infrastruktur memegang peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Keberadaan infrastruktur yang memadai sangat diperlukan. Sarana dan prasarana fisik, atau sering disebut dengan infrastuktur, merupakan bagian yang sangat penting dalam sistem pelayanan masyarakat. Berbagai fasilitas fisik merupakan hal yang vital guna mendukung berbagai kegiatan pemerintahan, perekonomian, industri dan kegiatan sosial di masyarakat dan pemerintahan.

Mulai dari sistem energi, transportasi jalan raya, bangunan-bangunan perkantoran dan sekolah, hingga telekomunikasi, tempat peribadatan dan jaringan layanan air bersih, kesemuanya itu memerlukan adanya dukungan infrastruktur yang memadai. A_m

Pin It on Pinterest

Share This