RENSINGBAT.DESA.ID_Petani padi Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur sudah mulai memanen padi dan mulai kesulitan untuk mencari tenaga upah panen padi mereka semenjak banyaknya warga desa yang merantau keluar daerah dan luar negeri.

Dengan luas lahan pertanian di Desa Rensing Bat yang mencapai 160an haktare, ada sebagian dari luas lahan itu yang petaninya mengaku kesulitan mencari tenaga upah untuk memanen padinya yang telah menguning di sawah.

Salah seorang Warga di Dusun Rensing Bat yang juga Kepala Dusun Rensing Bat mengatakan, “Saya terpaksa mengupah orang luar desa Rensing Bat untuk memanen padi saya, karena kalau saya tunggu takut padi yang ada di sawah menjadi rusak karena batangnya yang terlalu kering”, Ungkapnya saat di temui di sawahnya kemarin sore (7/3/2018).

Lain pula dengan salah seorang petani dan juga buruh tani asal Dusun Timuk Rurung sebut saja Musanif (8/3/2018),  “Di sini mulai sulit untuk mencari tenaga, karena tenaga yang biasa kita pakai juga ikut kesulitan mencari orang untuk di ajak berkelompok, karena dengan secara kelompoklah pekerjaan panen padi ini bisa cepat selesai, “Cerita musanif.

Pantauan pemberita sore kemarin (7/3/2018), terlihat sawah padi warga di sekitaran areal persawahan di 3 Dusun yaitu Dusun Rensing Bat, Dusun Lepok dan Dusun Timuk Rurung sudah mulai menguning menandakan panen sudah bisa dilakukan dan terlihat juga banyak petani yang sudahpun mulai memanen padi mereka.

Saat ini musim panen padi sudah tiba, para petani mulai sibuk memanen padi-padi mereka, persawahan kian rame karena secara otomatis aktivitas kesawah akan lebih padat dibanding hari-hari  biasanya.

selain sibuk memanen padi di sawah, sebagian warga Desa Rensing Bat juga sibuk dirumah yaitu sibuk menjemur padi yang sudah di panen.
Cuaca sulit ditebak, ketika asik menjemur tiba-tiba hujan datang dan membuat kalang kabut warga yang sedang menjemur padi.
(a_m)

Pin It on Pinterest

Share This