sid.rensingbat.desa.id – Remaja Masjid bekerja sama dengan Pengurus Masjid Jami’ Nurul Islam Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur Rabu, 26/05/2021 akan menggelar Shalat Sunat Gerhana Bulan Total yang bertempat di Masjid desa pada Malam Kamis mulai jam 20.10 menit wita.

Pelaksanaan shalat sunat tersebut nantinya akan di hadiri TGH. Zakaria Al Ansori selaku imam, Ust. Bukaran, M.Pd sebagai khotib, Jajaran pemerintah desa, Anggota BPD, LPM dan masyarakat Rensing Bat.

Masyarakat peduli gerhana dengan menggelar shalat sunat gerhana sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun, Remaja masjid menjadi penggerak dan penggagas ketika penomena ini datang.

Nabi Muhammad Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana ini tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah shalat dan bersedekahlah.”(HR. Bukhari).

Melihat hadis di atas kita umat islam di sunatkan melaksanakan shalat gerhana, perbanyak berdoa, bertakbir dan perbanyak sadakah sebagai bagian dari cara kita menambah ibadah dan keimanan kita serta cara bertaqwa kepada yang maha kuasa dan menjalankan sunnah nabi.

Adapun beberapa manfaat yang akan kita dapatkan ketika mendirikan salat gerhana diantaranya adalah,

Mengerjakan Amalan yang Diajarkan oleh Rasulullah SAW. Manfaat pertama yang akan kita dapatkan saat mendirikan salat gerhana adalah kita akan diberi ganjaran oleh Allah berupa pahala, selain itu kita juga mengamalkan salah satu kebiasaan nabi Muhammad akan dicatat sebagai salah satu bentuk kebaikan.

Mendekatkan Diri Kepada Allah.
Manfaat yang kedua adalah sebagai bentuk keimanan kepada Allah, dengan mendirikan salah satu perintah Allah tentunya akan membuat diri kita semakin dekat dengan Allah. Salah satu hal yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah adalah dengan cara mendirikan amalan sunnah shalat gerhana

Pengingat akan Hari Kiamat. Manfaat yang terakhir adalah sebagai pengingat kita tentang hari kiamat, pasalnya seperti yang kita ketahui bahwa salah satu tanda kiamat adalah matahari tidak lagi terbit dari timur. Saat terjadinya gerhana seolah menjadi sebuah simulasi akan hari tersebut. Oleh karena itu kita dapat mempersiapkan diri kita dengan cara mendirikan shalat gerhana.