RENSINGBAT.DESA.ID_Pemerintah Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra barat telah memprogramkan kegiatan pembangunan baik pembangunan fisik maupun non fisik. Semua Pembangunan yang dilaksanakan melibatkan masyarakat Desa agar masyarakat setempat memiliki kesempatan bekerja serta mendapatkan penghasilan. Pembangun pun diharapkan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi, SE menjelaskan, Anggaran Pendapatan Desa (APBDes) dari Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) digunakan dalam bidang pembangunan Fisik baik itu Pemeliharaan Badan Jalan atau Talud Badan jalan, Pembukaan Jalan Gang, Pekerjaan rabat jalan beton, Pembangunan Talud saluran irigasi, Pembangunan saluran Limbah masyarakat dan pembangunan Fisik lainnya.

Lebih lanjut Kepala Desa mengatakan, “Sedangkan untuk peningkatan pelayanan kesehatan tahun ini diantaranya memberikan insentif kepada keder posyandu dan lain sebagainya, sedangkan pemberdayaan dan pembinaan seperti pemberian Insentif guru ngaji, guru PAUD dan pelatihan-pelatihan seperti pelatihan untuk pemuda yaitu Multimedia dan untuk ibu-ibu PKK seperti tata boga, “ Jelas Kades dua periode ini.

Pengerjaannya pembangunan fisik itu sendiri menggunakan sistem swadaya atau swakelola masyarakat. Menggunakan tenaga kerja yang ada di desa Rensing Bat serta menggunakan 30 persen dana yang ada untuk upah yang bertujuan agar masyarakat di desa bisa mempunyai kesempatan bekerja dan mendapatkan penghasilan. (a_m)

Pin It on Pinterest

Share This