www.rensingbat.desa.id – Pelaksanaan pemungutan suara di 5 tempat Pemungutan suara di desa rensing bat terpantau aman, TPS yang di buka sejak pukul 7.00 pagi terlihat adem mayem dan mulai di penuhi warga yang ingin menentukan hak pilihnya.

Pelaksanaan pemungutan suara di awali dengan pembacaan doa oleh masing-masing ketua KPPS yang selanjutnya memberikan penerangan kepada masyarakat yang datang bagaimana cara pencoblosan dengan benar sesuai aturan yang sudah di tetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia

Seperti pantauan tim media di lokasi pemungutan suara di salah satu TPS yang ada di desa rensing bat pada Rabu,17/4 pagi. Telihat ketua KPPS mengajak semua anggotanya bersama masyarakat yang sudah hadir untuk memanjatkan doa agar proses pemungutan suara ini berjalan lancar.

Pemungutan suara pada pemilihan kali ini adalah yang terumit sepanjang sejarah demokrasi bangsa indonesia karena pemilihan dilakukan sekaligus yakni, pemilihan presiden dan wakil presiden, calon legislatif mulai dari DPRD tingkat Kabupaten/kota, DPRD Provinsi, DPD Provinsi dan DPR RI.

Setelah proses pencoblosan selesai, masing-masing anggota KPPS selanjutnya melakukan penghitungan suara mulai pukul 14.00 wita, proses penghitungan yang rumit membuat sebagian besar anggota KPPS melakukan penghitungan sampai malam,seperti yang terlihat di TPS 3 gubuk paok gading dusun Timuk Rurung berakhir pada pukul 23.30 wita, ini terjadi karena banyaknya yang harus di clearkan sebelum kotak suara hasil pemilihan di antar ke sekretariat PPS, terang salah seorang anggota KPPS yang di temui media.

Di TPS 1 dusun rensing bat, melalui peninjauan media, anggota KPPS masih lagi berjibaku mengklearkan surat suara dan segala sesuatunya sebelum di antar ke sekretariat, penghitungan suara yang membutuhkan tenaga dan pikiran secara ekstra sehingga semuanya bisa selesai dengan tidak ada permasalahan yang tentunya akan membuat kami sebagai panitia merasa lega, cetus aziz salah satu anggota KPPS.

Ini sudah menjadi tanggungjawab kami untuk menyelesaikan penghitungan ini, banyak surat suara yang batal akibat pemilih yang kurang paham tentang cara pencoblosan, banyak masyarakat yang tidak tau harus memilih calon legislatif yang mana untuk di coblos, banyak masyarakat yang mengeluh karena bingung mencari calon legislatif pilihannya.

Semua tidak berakhir di situ, banyak masyarakat yang salah mencoblos, tidak membuka habis lembaran surat suara, asal coblos sehingga surat suara menjadi tidak sah, tambah aziz.

Salah seorang masyarakat yang di temuai media sebut saja Patimah, membenarkan apa yang di katakan aziz, dia mengaku terpaksa tidak mencoblos pada salah satu calon anggota dewan karena bingung mencari nama anggota legislatif pilihannya, dia mengosongkannya karena bingung tidak menjumpai nama yang di targetkan, akuinya.

M. Nasir, warga gubuk madrasah dusun rensing bat mengaku kebingungan mencari calon legislatif pilihannya, saya termasuk salah seorang yang paling lama berdiri di dalam bilik suara membolak balikkan kertas suara, setelah kurang lebih 7 menit berdiri di dalam bilik suara baru bisa mendapatkan apa yang saya cari, tukasnya.

Menurut tim media, Kebingungan banyak pemilih inilah yang menjadi penyebab masyarakat asal coblos dan banyak surat suara yang tidak sah, dan keliru mencoblos pilihannya, ini terlihat ketika penghitungan suara banyak permasalahan di kertas suara yang terlihat seperti mencoblos tanpa membuka kerta suara, mencoblos tidak tepat pada kotak nama salah satu calon, mencoblos di luar garis dan banyak sekali kesalahan-kesalahan yang membuat kertas suara menjadi batal.

Jumlah pemilih pada setiap TPS di desa rensing bat pada pemilihan kali ini tidak banyak, semua TPS berkisar 200 lebih sedikit namun yang datang menentukan hak pilihnya hanya sekitar 180an saja, jumlah DPT khusus desa rensing bat yakni 1,034 pemilih dengan rincian 498 pemilih laki- laki dan 536 pemilih perempuan.

Rincian ntuk masing masing TPS adalah, 214 pemilih untuk TPS 001, 206 pemilih untuk TPS 002, 203 pemilih untuk TPS 003, TPS 004 sebanyak 214 pemilih dan TPS 005 sebanyak 197 pemilih.

Khusus perolehan suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden desa rensing bat adalah, calon dengan nomor urut 01 Jokowidodo dan KH.Mahruf Amin memperoleh suara terbanyak yaitu 688 suara sedangkan Pasangan dengan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan sandiaga Uno memperoleh suara sebanyak 191 suara, sehingga menjadikan jumlah suara yang sah adalah 879 suara dan tidak sah sebanyak 12 suara, dengan demikian pemilih yang ada di desa rensing bat yang datang menyalurkan hak pilihnya sebanyak 891 pemilih dari 1,034 DPT yang ada.

Pin It on Pinterest

Share This