www.sid.rensingbat.desa.id _Peringatan Tahun baru Islam 1 Muharam 1442 Hijriah Jama’ah Masjid Jami’ Nurul Islam Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat dilaksanakan dengan menggelar pengajian yang di sampaikan oleh para tuan guru.

Tahun baru Islam merupakan hal yang sangat bersejarah dan penting bagi umat Islam, karena pada waktu inilah awal mulanya penetapan penanggalan dalam Islam. Penetapan Penanggalan ini diawali dengan Hijrahnya Nabi Muhammad SAW bersama para sahabat dari makkah Al-Mukarramaah ke Madinah Al-Munawarroh yang melahirkan era baru bagi pembinaan umat Islam.

Tanggal 1 Muharram merupakan Tahun Baru Islam yang selalu diperingati dan dirayakan Umat Islam diseluruh Dunia. Tahun ini 1442 Hijriah yang jatuh pada hari Kamis, Tanggal 20 Agustus 2020, seperti tahun – tahun sebelumnya juga diperingati dengan menggelar berbagai acara walau tahun ini kita sedang di hadapkan pada masalah bencana menyebarnya Covid-19 secara global namun tidak menyurutkan semangat kita untuk memperingati tahun baru yang sangat bersejarah ini.

Masyarakat Desa Rensing Bat misalnya, Tahun ini Merayakan tahun baru islam dengan menggelar pengajian yang di awali dengan pembacaan Do’a akhir tahun sebelum masuk waktu shalat magrib kemudian di lanjutkan dengan pembacaan Do’a awal tahun setelah selesai Shalat magrib dan Sholat sunat Taubat setelah shalat Isya yang sebelumnya di isi dengan pengajian yang di hadiri oleh 4 orang Tuan guru yakni, TGH. Zakaria Al-Ansyori, TGH. Ahmad Muzanni, MA, TGH. Abdul Kholiq Saleh, TGH. M.Wirajaya,Lc, Hadir juga Kepala Desa Rensing Bat, Pengurus Masjid, Tokoh agama, tokoh masyarakat dan Seribuan Jama’ah masjid.

Kesimpulan dari isi pengajian yang di sampaikan para tuan guru dalam pengajian tersebut adalah bagaimana di tahun baru ini kita bisa berinstropekesi diri dengan mengisi hari kita dengan amal kebajikan serta  mari kita sambut  tahun baru islam ini dengan penuh semangat dan opitimis semoga ditahun baru islam ini kita bisa berhijrah menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya dengan terus meningkatkan kuwalitas keimanan kita kepada Allah SWT.