Tembakau dan Desa Rensing Bat

oleh | Feb 6, 2018 | Berita Desa, Pertanian | 0 Komentar

Menyebut tembakau, tentunya menyebut dan teringat Rensing Bat dengan kualitas tembakaunya  yang sangat istimewa. Panjang dan lebar dari perkebunan hinggalah ke perusahaan tidak berubah.Tembakau Rensing Bat dengan cita rasa dan aroma yang khas sangat mendukung untuk mengangkat nama harum Rensing Bat di sektor pertanian, khususnya dalam komoditas unggulan hasil pertanian di wilayah Lombok Timur bahkan seluruh Nusa Tenggara Barat. Tembakau Rensing Bat dengan kualitas  dan kuantitas yang sangat membaik merupakan modal yang sangat besar dalam menunjang perekonomian masyarakat Rensing Bat, sehingga sangat pantas kalau akan menduduki peringkat papan atas dalam berperan membantu kondisi ekonomi masyarakat Desa Rensing Bat.

Di Rensing Bat, khususnya  di Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur, areal persawahan dan perkebunan hampir merata dengan tanaman tembakau. Daun lebat dan lebar tembakau di wilayah ini tampak subur dan menghijau. Inilah ketelatenan dari masyarakat petani tembakau di wilayah Sakra Barat Lombok Timur terutama Rensing Bat dalam menjaga kualitas dan kuantitas tembakau yang mereka andalkan.

Hamparan tanaman tembakau yang luas puluhan Hektar nampak terlihat menghijau di Rensing Bat,tanaman yang ditanam sekali setahun ini adalah merupakan tanaman pavorit bagi masyarakat Desa Rensing Bat.hasil yang didapat dari penjualannya bisa dikatakan cukup membanggakan ketika kualitas dan pertumbuhannya baik,harga perkuintal kering bisa mencapai 2 sampai 4,5 juta.Tahun 2017 menjadi tahun peningkatan yang signifikan dengan harga yang melambung.Alhamdulillah keuntungan yang di dapat juga meningkat dari tahun tahun sebelumnya.

Salah satu jenis tembakau andalan di Rensing Bat adalah tembakau Virginia. Tembakau Virginia di Rensing Bat mampu menjadi komoditas unggulan di Desa Rensing Bat yang menggeser beberapa unggulan tanaman lainnya, seperti kacang tanah, jagung dan kedelei. Tembakau Rensing Bat telah menentukan standar kualitas yang sudah diakui oleh para perusahaan rokok seperti Djarum,Sadana dan perusahaan rokok lainnya.

Petani desa khususnya yang ada di desa Rensing Bat dengan luas areal tanam lebih dari 150 hektar tanaman tembakau tahun 2017 ini, harapan petani ini pada hasil jual tembakaunya sangat tinggi bagaimanpun juga dengan biaya produksi dan harga pupuk yang tinggi.

peredaran uang di bidang pertanian khususnya melalui tembakau di desa rensing bat sangatlah tinggi tahun ini berkisar antar 4-5 milyar, banyak keuntungan yang dihasilkan selain keuntungan materi yakni dapat mengurangi pengangguran karena dari anak-anak hinggra orang tua dapat memetik hasil melalui tembakau ini, disamping roda perekonomian di desa rensing bat berjalan lancar dan tidak banyak masalah.

Rensing Bat di Kampung Media

Video Peresmian Desa Rensing Bat

Pin It on Pinterest

Share This