www.rensingbat.desa.id - Cara mengecek keaktifan peserta dan Status kepesertaan BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan beberapa cara. Berikut beberapa cara untuk mengecek keaktifan peserta BPJS Kesehatan tersebut seperti di kutip dari Website resmi BPJS Kesehatan :
- Melalui website BPJS Checking, Buka websitehttps://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking.
Isi kolom yang tersedia pada laman tersebut mulai dari nomor kartu BPJS, tanggal lahir serta angka validasi yang tertera di layar. Setelah semua kolom terisi, klik opsi 'Cek'. Situs BPJS Kesehatan akan menampilkan semua informasi terkait kepesertaan, mulai dari identitas, status kepesertaan, jenis keanggotaan hingga jumlah tanggungan anggota keluarga. Pada bagian bawah website akan ditampilkan daftar tagihan beserta tanggal pembayaran iuran tiap bulan.
- Melalui aplikasi BPJS Kesehatan mobile
Unduh aplikasi JKN-KIS BPJS Kesehatan di Google Play Store atau Apple App Store, Buka aplikasi yang telah terpasang di smartphone, Login dengan nomor kartu BPJS atau email aktif dan password. Jika belum pernah mendaftar di aplikasi ini, klik 'Register'
Selanjutnya, Isi form pendaftaran yang tertera, mulai dari nomor BPJS, nomor KTP, tanggal lahir, nama depan ibu kandung, email, nomor ponsel serta password. Alamat email dan nomor ponsel harus sesuai dengan data saat mendaftar BPJS Kesehatan.
Klik 'Register' dan akan ada formulir verifikasi yang perlu diisi oleh kode angka unik, Kode unik tersebut akan dikirimkan ke alamat email yang terdaftar.
Buka pesan masuk dari BPJS Kesehatan di email, salin kode unik dan masukkan ke dalam form verifikasi, Klik 'Verify'
Layar akan menampilkan menu utama dan tertera beberapa fitur JKN-KIS, Pilih menu 'Peserta' untuk mengetahui kepesertaan BPJS Kesehatan.
Informasi mengenai keanggotaan BPJS Kesehatan diri sendiri beserta anggota keluarga yang menjadi tanggungan bisa dilihat di sini. Tagihan iuran BPJS Kesehatan tiap bulannya juga bisa dicek di aplikasi ini.
- Melalui Chat Assistant dan Voice Interactive Peserta BPJS Kesehatan bisa menghubungi Chika (Chat Assistant) JKN dan Vika (Voice Interactive) JKN.
Peserta bisa mendapatkan layanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang dapat diakses langsung melalui Whatsapp (WA) dan Telegram pada nomor 08118750400 atau melalui Facebook Messenger BPJS Kesehatan.
Vika (Voice Interactive) JKN merupakan layanan informasi menggunakan mesin penjawab untuk mengecek status dan tagihan iuran yang difasilitasi pada saat peserta menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.
4. Melalui Petugas BPJS Kesehatan BPJS SATU!
BPJS Kesehatan Siap Membantu adalah Petugas Pemberi Informasi dan Pengaduan (PIPP) yang ada Rumah Sakit yang dapat memberikan layanan informasi dan pengaduan, saat bertugas mereka dilengkapi dengan rompi khusus bertuliskan BPJS SATU.